Peristiwa

Paus Paulus VI singgah sebentar di Jakarta

Paus Paulus VI adalah pemimpin gereja Katolik dan kepala negara Vatikan yang pertama kali mengunjungi Indonesia.

Jumat, 06 September 2024 06:02

Kamis, 3 Desember 1970 sore, pesawat DC-8 Alitalia yang ditumpangi rombongan pemimpin spiritual gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan, Paus Paulus VI tiba di Bandar Udara Kemayoran, Jakarta, setelah bertolak dari Sydney, Australia. Kedatangan Paus Paulus VI itu untuk memenuhi undangan dari pemerintah.

Dalam surat Paus Paulus VI kepada Presiden Soeharto, Paus yang bernama asli Giovanni Battista tersebut menerima undangan untuk singgah di Jakarta, meski perjalanannya panjang.

“Kami ingin melakukannya, sebagai tanda penghargaan kami terhadap banyak orang yang begitu kami sayangi, dan sebagai tanda penghargaan terhadap hubungan persahabatan yang terjalin antarbangsa Indonesia dan Takhta Suci (Vatikan),” tulis Paus.

“Kami juga ingin menyampaikan kepada masyarakat Indonesia penghargaan kami atas dinamisme dan keinginan mereka untuk maju, serta rasa hormat kami terhadap tradisi spiritual mereka. Bukankah Ketuhanan yang Maha Esa sudah tertulis di awal lima prinsip dasar kehidupan berbangsa Anda?”

Menurut Ekspres, 14 Desember 1970, Sri Paus Paulus VI tak disambut dengan barisan kehormatan. Tidak ada dentuman meriam. Begitu berjalan turun dari tangga pesawat, Paus Paulus VI disambut Presiden Soeharto.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait