Peristiwa

Pedang kuno berukir nama Ramses II ditemukan di Delta Nil

Barak militer yang digali tersebut terdiri dari beberapa gubuk lumpur, sebuah bangunan untuk menyimpan senjata dan peralatan.

Kamis, 26 September 2024 16:46

Pedang berusia 3.300 tahun yang diukir dengan nama Firaun Mesir Ramses II baru-baru ini ditemukan selama penggalian barak militer kuno di wilayah Delta Nil.

Ramses II, juga dikenal sebagai Ramses Agung, memerintah selama lebih dari 60 tahun selama abad ke-13 SM dan mengawasi penaklukan militer besar dan proyek konstruksi monumental, sementara juga memiliki waktu untuk menjadi ayah bagi lebih dari 100 anak.

Ia juga umumnya dianggap sebagai firaun yang berkuasa selama Kitab Keluaran dalam Alkitab, yang menceritakan kisah orang Israel meninggalkan Mesir di bawah kepemimpinan Musa setelah bertahun-tahun menjadi budak.

Dewan Tertinggi Purbakala Mesir awal bulan ini mengatakan bahwa situs tersebut, di Tell Al-Abqain sekitar 30 kilometer (18,6 mil) selatan Alexandria, merupakan bagian dari cincin pos militer yang melindungi Kerajaan Baru Mesir dari perampok Libya dan pelaut.

Periode Kerajaan Baru, yang biasanya berlangsung dari abad ke-16 hingga abad ke-11 SM, merupakan puncak kekuasaan dan pengaruh budaya Mesir kuno. Sebagai periode kemakmuran dan stabilitas, Kerajaan Baru menyaksikan kekaisaran Mesir menyebar ke utara hingga Levant (termasuk wilayah yang sekarang menjadi Israel dan Suriah), dan ke selatan hingga Nubia, wilayah yang sekarang membentang di antara Mesir selatan dan Sudan utara.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait