Peristiwa

Pembongkaran tenda kumuh di kota besar AS dimulai

Para kritikus dan pendukung tunawisma berpendapat bahwa mengkriminalisasi tunawisma tidak menyelesaikan akar permasalahan.

Jumat, 26 Juli 2024 08:03

Amerika Serikat terkenal dengan mitos 'American Dream-nya', karena dianggap negara impian untuk tinggal dan hidup nyaman. Namun, beberapa tahun belakang wajah suram Negeri Paman Sam itu yang jadi bahan gunjingan warga dunia. Amerika tidak seindah di film Holywood. Banyak gelandangan di berbagai kota di negara bagiannya. Pemandangan kumuh pun di mana-mana. 

Hal ini ternyata menarik perhatian khusus pemerintah negara-negara bagian, sehingga muncul upaya untuk membersihkan jalan-jalan di AS dari para gelandangan dengan tenda-tendanya.

California memulainya. Gubernur California Gavin Newsom telah memerintahkan pembongkaran perkemahan tunawisma di seluruh negara bagian menyusul putusan Mahkamah Agung AS yang mengizinkan kota-kota untuk melarang orang tidur di tempat umum luar ruangan.

Perintah eksekutif yang dikeluarkan pada hari Kamis hanya berlaku untuk badan-badan negara bagian dan tidak secara langsung mengharuskan kotamadya setempat untuk mengambil tindakan.

“Perintah eksekutif ini mengarahkan badan-badan negara bagian untuk bergerak cepat mengatasi perkemahan berbahaya sambil mendukung dan membantu orang-orang yang tinggal di sana — dan memberikan panduan bagi kota dan daerah untuk melakukan hal yang sama,” kata Newsom dalam sebuah pernyataan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait