Peristiwa

Pembunuhan massal anjing bayangi perayaan Hari Hewan Sedunia di Turki

Laporan tentang pembunuhan anjing massal telah muncul di kota-kota yang dijalankan oleh Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP)

Jumat, 04 Oktober 2024 22:07

Turki merayakan Hari Hewan Sedunia, hari aksi internasional untuk hak dan kesejahteraan hewan yang diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Oktober, tahun ini. Yang menjadi sorotan, peringatan ini berlangsung di tengah klaim lonjakan kekerasan terhadap anjing liar karena undang-undang kontroversial yang diberlakukan pada bulan Agustus.

Undang-undang tersebut, yang disahkan oleh parlemen dan ditandatangani oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada tanggal 2 Agustus, memungkinkan kotamadya untuk melakukan eutanasia terhadap anjing liar yang dianggap agresif atau sakit. Undang-undang tersebut, yang juga mengamanatkan perbaikan tempat penampungan hewan pada tahun 2028, telah memicu protes luas dari kelompok hak asasi hewan, yang berpendapat bahwa undang-undang tersebut akan membuka jalan bagi eutanasia massal anjing liar.

Ahmet Kemal Şenpolat, presiden Federasi Hak Hewan di Turki (HAYTAP), mengatakan kepada situs web berita Artı Gerçek bahwa peringatan tahunan Hari Hewan Sedunia, yang bertujuan untuk melindungi dan mempromosikan kesejahteraan hewan sejak dimulainya pada tahun 1925, tahun ini dirusak oleh latar belakang legislatif yang mempromosikan bahaya daripada perlindungan bagi hewan di Turki.

Ia mengatakan sejak undang-undang tersebut diberlakukan, laporan tentang kekerasan terhadap hewan liar semakin meluas di Turki.

“Setiap hari, laporan dan rekaman kekerasan dan pembunuhan hewan liar bermunculan dari berbagai kota. … Yang terpenting, sejak undang-undang ini diberlakukan, insiden kekerasan terhadap hewan meningkat,” kata Şenpolat, yang menyerukan perubahan dalam sikap sosial terhadap hak asasi hewan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait