Peristiwa

Pemerintah kembangkan kurikulum khusus ajarkan nilai Pancasila ke mantan anggota JI

Kurikulum ini dirancang untuk mengajarkan toleransi, perdamaian, dan cinta tanah air.

Kamis, 11 Juli 2024 11:21

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menjelaskan, pemerintah telah mengembangkan kurikulum khusus yang mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada para mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI). 

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh dalam melawan radikalisme. Kurikulum ini dirancang untuk mengajarkan toleransi, perdamaian, dan cinta tanah air," katanya saat diskusi tentang pembubaran organisasi Jamaah Islamiyah dan kembalinya ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terjadi pada Minggu (30/6). 

Kurikulum ini mencakup berbagai materi yang diajarkan oleh para ahli dan praktisi di bidangnya. Seperti bidang pendidikan, psikologi, dan sosiologi untuk merancang kurikulum yang komprehensif dan efektif.

Kurikulum ini mencakup mata pelajaran seperti sejarah Indonesia, Pancasila dan UUD 1945, pendidikan kewarganegaraan, serta pendidikan karakter. 

"Tujuan utama dari kurikulum ini adalah untuk membentuk pribadi yang cinta tanah air, toleran, dan memiliki jiwa kebangsaan yang kuat," tambah Benny. 

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait