Peristiwa

Pemimpin Komunis paling berpengaruh Vietnam tutup usia

Media resmi mengatakan pemakaman kenegaraan akan diadakan.

Jumat, 19 Juli 2024 22:00

Nguyen Phu Trong, sekretaris jenderal Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam dan politisi paling berkuasa di negara itu, meninggal setelah berbulan-bulan menderita sakit. Dia berusia 80 tahun.

“Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Nguyen Phu Trong meninggal dunia pada pukul 13:38 tanggal 19 Juli 2024, di Rumah Sakit Militer Pusat 108 karena usia tua dan penyakit serius,” kata surat kabar Nhan Dan.

Media resmi mengatakan pemakaman kenegaraan akan diadakan.

Trong telah mendominasi politik Vietnam sejak tahun 2011, ketika ia terpilih sebagai ketua partai. Selama masa jabatannya, ia berupaya mengkonsolidasikan kekuatan Partai Komunis dalam sistem politik satu partai di Vietnam. Pada dekade sebelum ia mengambil peran penting dalam politik Vietnam, perimbangan kekuasaan telah bergeser ke sayap pemerintahan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Nguyen Tan Dung.

Lahir pada tahun 1944 di Hanoi, Trong adalah seorang ideolog Marxis-Leninis yang memperoleh gelar dalam bidang filsafat sebelum menjadi anggota Partai Komunis pada usia 22 tahun. Ia memandang korupsi sebagai satu-satunya ancaman terbesar dalam mempertahankan legitimasi partai.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait