Peristiwa

Penyelidikan ledakan pager Hizbullah kini meluas ke Bulgaria dan Norwegia

Pihak berwenang Bulgaria mengatakan pada hari Kamis bahwa kementerian dalam negeri dan dinas keamanan negara telah membuka penyelidikan terhadap kemungkinan hubungan sebuah perusahaan.

Jumat, 20 September 2024 21:01

Ledakan ribuan pager yang digunakan anggota Hizbullah minggu ini, menyeret Israel sebagai dalang yang menanamkan detonator pada perangkat komunikasi itu. Namun, hari ini muncul Bulgaria dan Norwegia sebagai titik fokus baru yang dianggap memiliki kaitan atas perangkat yang dibeli Hizbullah tersebut.  

Sumber keamanan mengatakan bahwa Israel bertanggung jawab atas ledakan pada hari Selasa yang menewaskan 12 orang, melukai lebih dari 2.300 orang dan meningkatkan taruhan dalam konflik yang berkembang antara kedua belah pihak. Israel belum mengomentari serangan tersebut secara langsung.

Bagaimana dan dengan bantuan siapa serangan pager itu dilakukan belum diketahui, meskipun sejauh ini ada kemungkinan petunjuk di Taiwan, Hungaria, dan Bulgaria.

Tidak jelas bagaimana dan kapan pager itu dijadikan senjata sehingga bisa diledakkan dari jarak jauh. Pertanyaan yang sama masih ada untuk ratusan radio genggam yang digunakan oleh Hizbullah yang meledak pada hari Rabu dalam gelombang serangan kedua.

Satu teori adalah bahwa pager itu dicegat dan dihubungkan dengan bahan peledak setelah meninggalkan pabrik. Teori lainnya adalah bahwa Israel mengatur seluruh rantai pasokan yang mematikan itu.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait