Peristiwa

Akhir tragis perjuangan TikTok pemuda Gaza

Butuh waktu 10 menit bagi ambulans untuk tiba. Beberapa jam kemudian, dokter menyatakan Halimy meninggal dunia.

Sabtu, 31 Agustus 2024 11:25

Hari itu adalah hari perang lainnya di Gaza, hari-hari yang disebut oleh bintang TikTok Palestina berusia 19 tahun Medo Halimy sebagai "Kehidupan di Tenda."  Seperti yang sering ia lakukan dalam video yang mendokumentasikan absurditas kehidupan yang biasa-biasa saja di daerah kantong itu, Halimy pada hari Senin berjalan ke kafe internet setempat — lebih tepatnya, sebuah tenda dengan Wi-Fi tempat para pengungsi Palestina dapat terhubung dengan dunia luar — untuk bertemu dengan teman dan kolaboratornya, Talal Murad.

Mereka berswafoto — "Akhirnya Bersatu Kembali" tulis Halimy di Instagram — dan mulai mengobrol.

Kemudian, muncul kilatan cahaya, kata Murad yang berusia 18 tahun, ledakan panas putih dan percikan tanah. Murad merasakan sakit di lehernya. Halimy mengeluarkan darah dari kepalanya. Sebuah mobil di jalan pesisir di depan mereka dilalap api, yang tampaknya menjadi sasaran serangan udara Israel. 

Butuh waktu 10 menit bagi ambulans untuk tiba. Beberapa jam kemudian, dokter menyatakan Halimy meninggal dunia.

"Ia mewakili sebuah pesan," kata Murad pada hari Jumat, yang masih dalam pemulihan dari luka-luka akibat pecahan peluru dan terguncang oleh serangan udara Israel yang menewaskan temannya. 

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait