Peristiwa

PM Thailand serukan ASEAN harus memainkan peran kunci menyelesaikan krisis Myanmar

Junta Myanmar menolak untuk terlibat dalam perundingan dengan para pemberontak dan menyebut mereka teroris.

Senin, 07 Oktober 2024 20:22

Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra mengatakan bahwa blok regional ASEAN harus memainkan peran kunci dalam mengakhiri perang saudara yang berkepanjangan di Myanmar. Pernyataan itu ia lontarkan menjelang pertemuan puncak para pemimpin kelompok beranggotakan 10 negara itu di Laos minggu ini. 

Myanmar telah dilanda kekacauan sejak Februari 2021, ketika militernya menggulingkan pemerintahan sipil terpilih, yang memicu protes yang berubah menjadi pemberontakan bersenjata terhadap junta yang berkuasa. 

“ASEAN harus memainkan peran penting dalam membawa perdamaian kembali ke Myanmar sesegera mungkin,” kata Paetongtarn dalam sebuah acara di Bangkok. 

Thailand akan bekerja sama dengan Malaysia, ketua ASEAN tahun depan, untuk menggunakan cara diplomatik guna menyelesaikan konflik, katanya, menggarisbawahi apa yang mungkin menjadi upaya baru oleh blok tersebut untuk mendorong resolusi saat para pemimpin mereka berkumpul untuk pertemuan puncak tahunan pada hari Rabu. 

Pendahulu Paetongtarn, Srettha Thavisin, mengatakan kepada Reuters pada bulan April bahwa junta militer Myanmar telah melemah, sehingga membuka peluang untuk perundingan. "Mungkin sudah waktunya untuk mengulurkan tangan dan membuat kesepakatan," katanya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait