Peristiwa

Presiden Taiwan nyalakan keberanian lawan Tiongkok: Yang kecil bisa mengalahkan yang besar

Angkatan bersenjata Taiwan lebih kecil dibandingkan angkatan bersenjata Tiongkok.

Selasa, 09 Juli 2024 15:13

Ada banyak contoh dalam sejarah mengenai kekuatan militer yang lebih kecil yang mengalahkan lawan yang lebih besar. Demikian Presiden Taiwan Lai Ching-te memberikan semangat kepada perwira angkatan udara menjelang latihan perang tahunan yang diadakan akhir bulan ini. Ucapannya itu merujuk pada situasi di mana negaranya yang lebih kecil tengah menghadapi  ancaman agresi militer Tiongkok.

Tiongkok, yang memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya, telah melakukan latihan rutin di sekitar pulau itu selama empat tahun untuk menekan Taipei agar menerima klaim kedaulatan Beijing, meskipun ada keberatan keras dari Taiwan.

Angkatan bersenjata Taiwan lebih kecil dibandingkan angkatan bersenjata Tiongkok.

Namun Taiwan telah memodernisasi militernya tidak hanya dengan peralatan baru seperti kapal selam tetapi juga memperjuangkan gagasan “perang asimetris”, untuk membuat pasukannya lebih mobile dan sulit diserang, misalnya dengan rudal dan drone yang dipasang di kendaraan.

Lai, mengenakan seragam militer yang disamarkan dan menjawab pertanyaan di depan Pesawat Tempur Pertahanan Pribumi Ching-kuo buatan Taiwan di sebuah pangkalan udara di Taiwan tengah. Dalam kesempatan itu ia mengatakan kekuatan militer bukanlah pertanyaan matematis sederhana tentang penjumlahan dan pengurangan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait