Peristiwa

Puluhan orang sakit akibat wabah E.coli setelah makan menu McDonald’s?

Bakteri E. coli bersarang di dalam usus hewan dan ditemukan di lingkungan.

Rabu, 23 Oktober 2024 09:19

Sebanyak 49 orang di 10 negara bagian mengeluh sakit. Satu di antaranya meninggal dunia. Mereka diduga keracunan makanan yang dikaitkan dengan menu Quarter Pounder dari restoran cepat saji McDonald's.   

Kematian tersebut dilaporkan terjadi pada seorang lansia di Colorado, dan seorang anak telah dirawat di rumah sakit dengan komplikasi ginjal yang parah, menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Infeksi dilaporkan antara 27 September dan 11 Oktober, di Colorado, Iowa, Kansas, Missouri, Montana, Nebraska, Oregon, Utah, Wisconsin, dan Wyoming. Colorado memiliki kasus terbanyak, 27, diikuti oleh Nebraska dengan sembilan.

Semua orang yang diwawancarai terkait wabah tersebut melaporkan makan di McDonald's sebelum jatuh sakit dan sebagian besar menyebutkan makan hamburger Quarter Pounder, kata CDC. Departemen Pertanian AS, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan pejabat kesehatan negara bagian juga sedang menyelidiki.

Bahan tertentu belum diidentifikasi sebagai penyebabnya, tetapi penyelidik berfokus pada bawang dan daging sapi. Investigasi awal FDA menunjukkan bahwa irisan bawang yang disajikan di burger kemungkinan merupakan sumber kontaminasi. USDA sedang menyelidiki roti hamburger.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait