Peristiwa

Rusia diam-diam memanfaatkan selebriti media sosial AS

"Negara-negara asing ini biasanya menghitung bahwa orang Amerika lebih cenderung mempercayai pandangan orang Amerika lainnya."

Selasa, 10 September 2024 12:47

Rusia semakin mengandalkan selebriti media sosial Amerika untuk secara diam-diam memengaruhi pemilih menjelang pemilihan presiden AS 2024. Tuduhan ini dilayangkan pejabat AS dan dakwaan pidana yang baru-baru ini terungkap.

"Apa yang kami lihat mereka lakukan adalah mengandalkan orang Amerika yang sadar dan tidak sadar untuk menyebarkan, mempromosikan, dan menambah kredibilitas pada narasi yang melayani kepentingan asing ini," kata seorang pejabat intelijen senior dalam sebuah pengarahan pada 6 September. 

"Negara-negara asing ini biasanya menghitung bahwa orang Amerika lebih cenderung mempercayai pandangan orang Amerika lainnya."

Pendekatan ini secara luas dipandang oleh badan keamanan Amerika sebagai salah satu taktik pilihan Rusia pada siklus ini untuk membuat operasi psikologis asing mereka tampak lebih autentik.

Secara umum, misi-misi ini biasanya bertujuan untuk membuat marah warga Amerika, menyoroti perpecahan masyarakat, dan menekankan pokok bahasan partisan sambil mempertanyakan efektivitas dan peran pemerintah AS dalam keamanan global, kata para ahli.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait