Peristiwa

Rusia senggol Turki terkait koalisi Barat dalam urusan Ukraina

Pada tahun 2023, Turki diduga memasok ratusan senapan mesin berat ke Ukraina.

Rabu, 21 Agustus 2024 09:39

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Galuzin pada tanggal 19 Agustus bertemu dengan Tanju Bilgiç, duta besar Turki di Moskow. Selama pertemuan tersebut, Galuzin menekankan bahwa pengiriman senjata dari Barat ke Ukraina tidak dapat diterima. Ia juga meminta Turki untuk tidak memihak pada koalisi Barat melawan Rusia.

Catatan informasi mengenai pertemuan dari Kementerian Luar Negeri Rusia, yang tersedia dalam bahasa Turki di situs web Kedutaan Besar Rusia, dimulai dengan merinci kecaman Rusia terhadap serangan "teroris", yang merujuk pada serangan militer Ukraina ke wilayah Kursk di Rusia. 

Dinyatakan bahwa negosiasi politik dan diplomatik dengan Kiev tidak mungkin dilakukan dalam kondisi ini. Catatan tersebut juga mencakup kekhawatiran tentang dampak hasil dari "pertemuan puncak perdamaian" yang diadakan oleh negara-negara Barat di Burgenstock Resort di Swiss terhadap isu-isu seperti energi dan ketahanan pangan.

Rusia mengklaim bahwa proses Bürgenstock dimaksudkan untuk membentuk koalisi anti-Rusia dan bahwa formula yang didasarkan pada posisi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky merupakan ultimatum terhadap Rusia.

Catatan informasi tersebut juga menekankan bahwa seruan Presiden Rusia Vladimir Putin pada tanggal 14 Juni — yang menyatakan bahwa Rusia akan mengakhiri perang di Ukraina hanya jika Kiev setuju untuk meninggalkan ambisi NATO-nya dan menyerahkan keseluruhan dari empat provinsi yang diklaim oleh Moskow — memberi Kiev kesempatan untuk solusi politik dan diplomatik, yang tidak dimanfaatkan oleh pemerintahan Kiev. Selain itu, dicatat bahwa pengiriman senjata dari Barat ke Ukraina tidak dapat diterima dan hanya akan semakin meningkatkan konflik. Pertemuan tersebut juga mencakup harapan bahwa Turki tidak akan menyelaraskan dirinya dengan kebijakan Barat ini.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait