Peristiwa

Saat wasit Al Kaf merampok kemenangan Indonesia, kemarahan di mana-mana

Kedekatan AFC dengan Bahrain ini membuat netizen tidak yakin bahwa protes itu akan ditanggapi sehingga dilakukan pengusutan.

Jumat, 11 Oktober 2024 07:22

Kekhawatiran sejumlah pundit Indonesia terhadap potensi kecurangan wasit yang memimpin laga menghadapi tuan rumah Bahrain, jadi kenyataan. Indonesia harus menderita kerugian. Dua poin Indonesia yang di depan mata dirampok pada laga itu.

Wasit asal Oman Ahmed Al Kaf dinilai bias memimpin laga pertandingan ketiga di kualifikasi Piala Dunia Grup C zona Asia itu. Ia mudah menentukan pelanggaran saat pemain Bahrain berguling-guling di lapangan meski, tidak mengalami kontak berat.

Yang sangat merugikan ketika Indonesia telah memimpin 2-1 dan waktu injury time yang sudah ditentukan justru diperpanjang hingga tiga menit. Yang semula 6 menit, laga dibiarkan berjalan hingga menjadi 9 menit. Bahrain pun akhirnya mendapat kesempatan sepak pojok dan mengonversinya menjadi gol.  Wasit pun enggan mengecek kemungkinan offside dalam proses gol tersebut. Berbeda ketika Indonesia mencetak gol pertama, tinjauan VAR dilakukan.

Publik sepakbola Indonesia meledak di media sosial. Semua akun yang berkaitan dengan laga itu jadi sasaran kemarahan.  Wasit Al Kaf dibanjiri protes dan hujatan, sehingga ia menutup akunya menjadi private. Akun Federasi Sepakbola Asia juga jadi sasaran kemarahan fans sepakbola Indonesia, baik di Instagram ataupun di X. Akun media sosial Federasi Sepakbola Bahrain pun bernasib sama. Akun itu pun langsung membatasi komentar.

Di laga itu, asa Indonesia untuk membawa pulang tiga poin terbuka setelah sempat tertinggal di menit 15, kemudian disamakan Ragnar Oratmangoen di akhir babak pertama. Rafael Struick membuat Indonesia berbalik unggul pada menit 74 sebelum akhirnya disamakan dengan gol yang kontroversial oleh Mohamed Marhoon di menit 90+9.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait