Peristiwa

Saling usir diplomat, hubungan Kanada-India memburuk

India mengatakan pihaknya menarik diplomatnya dari Kanada karena tidak yakin bahwa keselamatan mereka dapat dijamin.

Selasa, 15 Oktober 2024 19:55

Kanada mengusir enam diplomat India termasuk komisaris tinggi (setara dengan duta besar), yang dikaitkan dengan pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh. Pemerintahan Kanada pun menuduh adanya upaya yang lebih luas menargetkan para pembangkang India di Kanada.

India telah membalas dengan memerintahkan pengusiran enam diplomat Kanada berpangkat tinggi termasuk komisaris tinggi sementara dan mengatakan telah menarik utusannya dari Kanada, yang bertentangan dengan pernyataan pengusiran Kanada.

Perselisihan diplomatik tersebut merupakan kemunduran besar hubungan antara kedua negara Persemakmuran tersebut. Hubungan telah renggang sejak Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan tahun lalu bahwa ia memiliki bukti yang menghubungkan agen-agen India dengan pembunuhan pemimpin Sikh Hardeep Singh Nijjar di wilayah Kanada.

"Pemerintah sekarang memiliki bukti yang jelas dan kuat bahwa agen-agen pemerintah India telah terlibat dan terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menimbulkan ancaman signifikan terhadap keselamatan publik," kata Trudeau pada konferensi pers di Ottawa pada hari Senin.

Kegiatan-kegiatan ini melibatkan teknik pengumpulan informasi rahasia, perilaku pemaksaan, penargetan warga Kanada Asia Selatan dan keterlibatan dalam lebih dari selusin tindakan pengancaman dan kekerasan, termasuk pembunuhan, katanya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait