Peristiwa

Segudang persoalan dalam penghapusan penjurusan di SMA

Penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa tak ada lagi di SMA.

Selasa, 23 Juli 2024 14:00

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi menghapus sistem penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa untuk level SMA. Kebijakan itu mulai akan diberlakukan secara menyeluruh pada tahun ajaran baru 2024/2025. 

Kepala Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan kebijakan itu sudah mulai diterapkan secara bertahap mulai tahun 2021 sebagai implementasi Kurikulum Merdeka. 

Pada 2022, kebijakan itu berlaku pada 50% sekolah di seluruh Indonesia dan pada tahun ajaran 2024/2025 ditargetkan berlaku serentak 
pada 90-95% sekolah. Sebagai ganti penjurusan, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi murid memilih mata pelajaran sesuai minatnya. 

"Persiapan yang lebih terfokus dan mendalam. Ini sulit dilakukan jika murid masih dikelompokkan ke dalam jurusan IPA, IPS, dan Bahasa," kata Nino, sapaan akrab Anindito, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/7).

Sebagai gambaran, siswa yang ingin kuliah program studi teknik bisa menggunakan jam pelajaran pilihan untuk memperdalam matematika tingkat lanjut dan fisika, tanpa harus mengambil pelajaran biologi. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait