Peristiwa

Serangan drone Israel membunuh tokoh pengusaha Suriah

Israel, yang telah berjanji untuk menghentikan kubu Iran di negara tetangganya di utara, telah melakukan ratusan serangan.

Selasa, 16 Juli 2024 13:01

Serangan pesawat tak berawak Israel terhadap sebuah mobil pada hari Senin di dekat perbatasan Lebanon-Suriah menewaskan seorang pengusaha terkemuka Suriah. Selama ini, pengusaha tersebut mendapat sanksi dari Amerika Serikat dan memiliki hubungan dekat dengan pemerintahan Presiden Suriah Bashar Assad. 

Kabar itu dilaporkan media pro-pemerintah dan seorang pejabat kelompok yang didukung Iran.

Mohammed Baraa Katerji terbunuh ketika serangan pesawat tak berawak menghantam mobilnya di dekat daerah Saboura, beberapa kilometer atau mil di dalam Suriah setelah menyeberang dari Lebanon. Angkatan udara Israel telah melakukan ratusan serangan udara dalam beberapa tahun terakhir, terutama menargetkan anggota kelompok yang didukung Iran dan militer Suriah. Namun jarang sekali terjadi serangan terhadap tokoh-tokoh dari dalam pemerintahan.

Serangan itu juga terjadi ketika Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon hampir setiap hari saling baku tembak sejak awal Oktober, setelah dimulainya perang Israel-Hamas.

Seorang pejabat dari kelompok yang didukung Iran mengatakan bahwa Katerji tewas seketika saat berada di dalam SUV-nya di jalan raya yang menghubungkan Lebanon dengan Suriah. Pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berbicara kepada media.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait