Peristiwa

Singapura resmikan kapal selam baru, tingkatkan persaingan bawah laut Asia

Kapal-kapal itu juga merupakan kapal selam pertama Singapura dengan fasilitas awak untuk wanita.

Rabu, 25 September 2024 11:08

Singapura meresmikan dua kapal selam canggih baru pada hari Selasa (24/9). Angkatan Laut Singapura membelinya untuk melindungi jalur komunikasi laut untuk mengawasi wilayah tersebut.

Kapal selam kelima dan keenam negara itu, Invincible dan Impeccable, dipesan dari ThyssenKrupp Marine Systems Jerman pada tahun 2013 dalam kesepakatan senilai €1 miliar, dan bergabung dengan kapal-kapal kelas Archer dan Challenger yang lebih tua.

Para ahli mengatakan bahwa armada itu mewakili langkah maju teknologi bagi Singapura, yang memungkinkan negara Asia Tenggara yang kaya itu untuk beroperasi lebih jauh dari pantai dengan menggunakan lebih sedikit pelaut, dan menjadikan kapalnya salah satu yang paling senyap di kawasan tersebut.

"Mereka (kapal) adalah pengganda kekuatan yang sangat baik," kata Kolonel Fong Chi Onn, komandan armada kapal selam Singapura. "Dan untuk negara sekecil kita, kita membutuhkan semua pengganda kekuatan yang bisa kita dapatkan," lanjutnya.

Dua kapal selam kelas Invincible baru ditambatkan di dermaga yang bersebelahan, dihiasi dengan panji-panji angkatan laut berwarna-warni, dengan kemudi berbentuk X yang mengintip dari air, untuk acara hari Selasa di Pangkalan Angkatan Laut Changi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait