Peristiwa

Swiss dan Italia gambar ulang perbatasan karena gletser mencair

Swiss mengatakan bahwa batas-batas yang ditetapkan ulang telah disusun sesuai dengan kepentingan ekonomi kedua belah pihak.

Selasa, 01 Oktober 2024 19:05

Swiss dan Italia mengubah batas wilayah mereka di Pegunungan Alpen. Perubahan itu dilakukan terkait dengan mencairnya gletser akibat perubahan iklim.

Sebagian wilayah yang terkena dampak akan berada di bawah Matterhorn, salah satu gunung tertinggi di Eropa, dan dekat dengan sejumlah resor ski populer.

Sebagian besar perbatasan Swiss-Italia ditentukan oleh garis punggung gletser atau wilayah bersalju abadi, tetapi mencairnya gletser telah menyebabkan batas alam ini bergeser, yang menyebabkan kedua negara berupaya memperbaiki perbatasan.

Swiss secara resmi menyetujui perjanjian tentang perubahan tersebut pada hari Jumat, tetapi Italia belum melakukan hal yang sama. Hal ini menyusul rancangan perjanjian oleh komisi gabungan Swiss-Italia pada bulan Mei 2023.

Statistik yang diterbitkan September lalu menunjukkan bahwa gletser Swiss kehilangan 4% volumenya pada tahun 2023, kehilangan terbesar kedua setelah rekor pencairan tahun 2022 sebesar 6%.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait