Peristiwa

Tindakan Meta memblokir media Rusia membuat berang Moskow

Sejak 2016, otoritas Amerika menuduh Rusia mencampuri pemilihan presiden AS.

Selasa, 17 September 2024 22:14

Meta mengumumkan larangan terhadap media pemerintah Rusia, termasuk RT dan Rossiya Segodnya, untuk menggunakan layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang mereka miliki.

"Setelah melakukan pertimbangan mendalam, kami memperluas langkah-langkah yang telah dilakukan terhadap media pemerintah Rusia," demikian pernyataan Meta pada 17 September.

"Rossiya Segodnya, RT, dan entitas terkait lainnya kini dilarang secara global dari aplikasi kami karena terlibat dalam aktivitas campur tangan asing," lanjut perusahaan tersebut.

Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada sebelumnya telah memberlakukan larangan terhadap media Rusia seperti RT dan Sputnik, sebagai bagian dari sanksi Barat terhadap Rusia menyusul invasi negara tersebut ke Ukraina pada tahun 2022.

Meta juga mengungkap bahwa media pemerintah Rusia telah melakukan operasi pengaruh dan mencoba menghindari deteksi di platform mereka. Larangan ini akan mulai diberlakukan dalam beberapa hari ke depan. Selain itu, Meta juga telah membatasi jangkauan unggahan oleh media pemerintah Rusia di platformnya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait