Peristiwa

Uni Eropa kecam pembunuhan di luar hukum terhadap Haniyeh

Komite Perlawanan di Palestina dan Brigade Salah al-Din berduka atas kematian Haniyeh, berjanji untuk melanjutkan perlawanan.

Rabu, 31 Juli 2024 22:13

Uni Eropa mengatakan bahwa mereka menolak pembunuhan di luar proses hukum. Pernyataan ini merujuk pada aksi pembunuhan terhadap pemimpin politik gerakan perlawanan Palestina, Hamas, Ismail Haniyeh di ibu kota Iran, Teheran.

Dalam wawancara eksklusif dengan IRNA pada hari Rabu, Juru Bicara Utama Komisi Eropa untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan Peter Stano mengatakan bahwa UE mengikuti dengan cermat laporan tentang pembunuhan Haniyeh di Teheran.

“Uni Eropa mempunyai prinsip yang menolak pembunuhan di luar hukum dan mendukung supremasi hukum, termasuk peradilan pidana internasional,” kata Stano.

Haniyeh, yang menjabat sebagai kepala biro politik Hamas, dibunuh bersama salah satu pengawalnya di akomodasi mereka di Teheran pada Rabu pagi.

Pejabat senior Palestina berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden baru terpilih Masoud Pezeshkian pada Selasa sore.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait