Peristiwa

Urgensi membangun matra keempat TNI Angkatan Siber

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dilansir dari Antara, mengaku sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membentuk Angkatan Siber.

Kamis, 05 September 2024 16:15

Wacana pembentukan Angkatan Siber, sebagai matra keempat Tentara Nasional Indonesia (TNI) didukung Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. Dikutip dari Antara, menurutnya, wacana tersebut ideal untuk menjawab tantangan di bidang siber.

Rencana pembentukan TNI Angkatan Siber ini pernah diungkapkan Andi Widjajanto, saat masih menjabat Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Andi menyampaikan hal itu dalam seminar “Ketahanan Nasional Transformasi Digital Indonesia 2045” di Hotel Borobudur, Jakarta, pada 7 Agustus 2023.

Di sisi lain, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dilansir dari Antara, mengaku sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membentuk Angkatan Siber. Dia mengatakan, saat ini TNI sudah punya satuan siber. Sejauh ini, kata dia, TNI baru berencana membuat pusat siber di markas besar dan setiap matra.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai, pembentukan TNI Angkatan Siber diperlukan, meski berpotensi menambah anggaran. Sebab, biaya pembentukan matra bakal mencakup infrastruktur, perekrutan, pelatihan, dan operasional yang tidak sedikit. Menurutnya, pembentukan TNI Angkatan Siber merupakan usulan yang wajar, mengingat potensi ancaman siber semakin masif.

“Di era digital saat ini, ancaman siber terhadap sistem pertahanan semakin nyata, sehingga ada kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan siber. Termasuk kemampuan untuk melakukan operasi siber ofensif dalam konteks pertahanan,” ucap Khairul kepada Alinea.id, Rabu (4/9).

Penting hadapi ancaman

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait