Peristiwa

Ahli saraf dapat kesempatan unik, pelajari sendiri perubahan otaknya saat ia hamil

Meskipun studi ini hanya mengamati satu orang, studi ini memulai proyek penelitian internasional besar yang bertujuan untuk memindai otak ratusan wanita.

Kamis, 26 September 2024 21:48

Ahli saraf Liz Chrastil mendapat kesempatan unik untuk melihat bagaimana otaknya berubah saat dia hamil. Ia pun membagikan apa yang dia pelajari dalam sebuah studi baru yang menawarkan peta terperinci pertama otak wanita selama masa kehamilan.

Para peneliti menemukan bahwa transisi menjadi ibu memengaruhi hampir setiap bagian otak.

Meskipun studi ini hanya mengamati satu orang, studi ini memulai proyek penelitian internasional besar yang bertujuan untuk memindai otak ratusan wanita dan suatu hari nanti dapat memberikan petunjuk tentang gangguan seperti depresi pascapersalinan.

"Ini merupakan perjalanan yang sangat panjang," kata Chrastil, salah satu penulis makalah yang diterbitkan Senin di Nature Neuroscience. "Kami melakukan 26 pemindaian sebelum, selama, dan setelah kehamilan" dan menemukan "beberapa hal yang sangat luar biasa."

Lebih dari 80 persen wilayah yang diteliti mengalami pengurangan volume materi abu-abu, tempat berpikir berlangsung. Ini adalah rata-rata sekitar 4 persen otak — hampir identik dengan pengurangan yang terjadi selama masa pubertas.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait