Peristiwa

Warga Tunisia ancam demo besar memprotes otoritarianisme jelang pilpres

International Crisis Group minggu lalu mengatakan Tunisia berada dalam "situasi yang memburuk.

Sabtu, 14 September 2024 13:39

Komisi tersebut telah menolak organisasi yang telah mengajukan permohonan sebagai pemantau pemilu, dan mengatakan tidak akan menambahkan tiga kandidat ke dalam daftar pemilih yang memenangkan banding pengadilan yang menentang penolakan otoritas sebelumnya.

Penangkapan termasuk terhadap mantan menteri kesehatan Abdellatif Mekki, mantan anggota gerakan Islam Ennahda yang sekarang maju dengan partainya sendiri, Work and Accomplishment. Mekki ditangkap pada bulan Juli atas tuduhan yang menurut pengacaranya bersifat politis dan dilarang berpolitik seumur hidup.

Pengadilan memerintahkan otoritas pemilu untuk memasukkannya ke dalam daftar pemilih bulan lalu, dan pencalonannya dipulihkan untuk kedua kalinya awal minggu ini. ISIE menolak putusan pengadilan pertama dan belum mengomentari putusan terbaru.

“Kami menyerukan partisipasi besar dari penduduk dalam protes ini karena kami berharap dapat menekan mobilisasi besar-besaran,” Ahmed Neffati, manajer kampanye Mekki, mengatakan kepada The Associated Press.

“Warga Tunisia tidak akan melepaskan hak mereka untuk pemilihan umum yang bebas dan demokratis,” tambahnya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait