Peristiwa

Zambada, salah satu gembong narkoba terbesar dunia ditangkap di Texas

Zambada, 76 tahun, mendirikan sindikat kejahatan tersebut bersama Joaquin "El Chapo" Guzman, yang saat ini dipenjara di AS.

Jumat, 26 Juli 2024 07:59

Salah satu gembong narkoba terbesar di dunia, Ismael "El Mayo" Zambada, pemimpin kartel Sinaloa Meksiko, telah ditangkap oleh agen federal AS di El Paso, Texas.

Zambada, 76 tahun, mendirikan sindikat kejahatan tersebut bersama Joaquin "El Chapo" Guzman, yang saat ini dipenjara di AS.

Pada tahun 2014, Guzmán ditangkap di Mazatlán, Sinaloa, Meksiko, tetapi tahun berikutnya ia melarikan diri dari penjara melalui sebuah terowongan. Namun, pada tanggal 8 Januari 2016, pejabat Meksiko mengumumkan bahwa Guzmán telah ditangkap di Los Mochis , Sinaloa. Ia diekstradisi ke Amerika Serikat tahun berikutnya. Pada tahun 2019, ia dinyatakan bersalah atas berbagai tuduhan, termasuk perdagangan narkoba.

Putra Guzman, Joaquin Guzman Lopez, ditangkap bersama Zambada pada hari Kamis, kata departemen kehakiman AS.

Pada bulan Februari, Zambada didakwa oleh jaksa AS dengan konspirasi untuk membuat dan mendistribusikan fentanil, obat yang lebih kuat daripada heroin yang telah disalahkan atas krisis opioid di AS.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait