Peristiwa

Zelensky pecat komandan angkatan udara Ukraina beberapa hari setelah pilot utamanya tewas

Pilot yang gugur Mes adalah salah satu yang paling vokal dari mereka yang menyerukan sekutu Ukraina untuk menyediakannya dengan F-16.

Sabtu, 31 Agustus 2024 06:19


Volodymyr Zelensky memberhentikan kepala angkatan udara Ukraina. Tindakan itu ia lakukan beberapa hari setelah seorang pilot F-16 tewas saat mempertahankan diri dari serangan besar-besaran Rusia.

Dalam insiden pertama Ukraina yang diketahui kehilangan jet tempur buatan AS, Letnan Kolonel Oleksiy Mes – yang menggunakan tanda panggilan Moonfish – tewas dalam pertempuran udara pada hari Senin, saat Moskow meluncurkan rentetan drone dan rudal ke infrastruktur energi Ukraina.

Komandan angkatan udara Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk dengan marah menolak klaim oleh anggota parlemen Ukraina Mariana Bezuhla, yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa jet itu telah jatuh karena "tembakan kawan sendiri" oleh rudal Patriot AS.

Angkatan udara Ukraina tidak membantah klaim oleh Bezuhla, yang merupakan wakil kepala komite pertahanan parlemen Ukraina, dan mengatakan bahwa para ahli AS telah bergabung dengan penyelidikan Ukraina atas kecelakaan itu.

Beberapa jam setelah kecaman Oleschuk terhadap Bezuhla, presiden Ukraina mengumumkan bahwa ia telah memberhentikan komandan angkatan udara dari jabatannya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait