Peristiwa

Zelensky temui Paus untuk galang dukungan jelang musim dingin yang berat

Zelensky juga mengatakan ia dan Macron telah membahas "rencana kemenangan" Kiev untuk mengalahkan Rusia.

Jumat, 11 Oktober 2024 10:40

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan bertemu dengan Paus Fransiskus dan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Jumat ini. Pertemuan dilakukan saat ia mengakhiri lawatan singkatnya ke Eropa yang bertujuan untuk menggalang dukungan menjelang musim dingin yang sulit.

Zelensky tengah berupaya mendapatkan dukungan militer dan finansial selama perjalanan 48 jam ke London, Paris, Roma, dan Berlin, di tengah kekhawatiran akan berkurangnya dukungan jika Donald Trump memenangkan pemilihan presiden AS bulan depan.

Zelensky akan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan pada hari Jumat pagi sebelum terbang ke Berlin, tempat ia akan bertemu dengan Scholz, yang pemerintahnya berencana untuk mengurangi setengah bantuan militer bilateralnya ke Ukraina tahun depan.

Presiden Ukraina melakukan perjalanan ke Roma pada hari Kamis untuk makan malam bersama Giorgia Meloni, setelah itu perdana menteri Italia mengumumkan kota tersebut akan menjadi tuan rumah "konferensi pemulihan" berikutnya untuk membantu rekonstruksi Ukraina pada tanggal 10-11 Juli 2025.

"Ukraina tidak sendirian dan kami akan mendukungnya selama diperlukan," kata Meloni kepada wartawan setelah makan malam.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait