Politik

Ada "tangan" Jokowi di daftar nama 10 capim KPK?

Perwakilan dari lembaga penegak hukum masih mendominasi daftar capim KPK yang diloloskan pansel hingga tahap akhir.

Rabu, 02 Oktober 2024 14:00

Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan sepuluh nama calon pimpinan (capim) dan calon anggota Dewan Pengawas KPK yang telah lolos seleksi wawancara dan tes kesehatan. Nama-nama itu telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (1/10). 

"Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR, insyaallah, dalam waktu singkat ini," kata Wakil Ketua Pansel KPK Arief Satria seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Negara (Setneg). 

Khusus untuk capim KPK, sepuluh nama yang diloloskan pansel yakni, Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Poengky Indarti, dan Setyo Budiyanto.

Arief mengklaim pansel sudah menelusuri rekam jejak para kandidat pimpinan KPK dan anggota Dewas KPK. Setidaknya ada tiga kriteria utama yang harus dimiliki para kandidat, yakni integritas, kapabilitas, dan akseptabilitas.

“Rekan-rekan media, rekan-rekan CSO, rekan-rekan akademisi, dan pebisnis juga kita undang (untuk memberikan masukan). Itu merupakan bagian dari upaya kita untuk menampung aspirasi kira-kira seperti apa yang diperlukan untuk bisa menjalankan tugas-tugas dan fungsi sebagai pimpinan KPK dan cadewas,” jelas Arief.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait