Politik

Adu kuat para king maker kawakan di Pilgub Sulut 2024

Jokowi meng-endorse pasangan Elly Lasut-Jan Maringka di Pilgub 2024.

Rabu, 10 Juli 2024 12:15

Tiga poros koalisi potensial terbentuk di Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub Sulut) 2024. Koalisi akan berpusar pada kandidat yang diusung PDI-Perjuangan (PDI-P), Partai Gerindra, dan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

PDI-P sudah resmi mengusung Steven Kandouw sejak Maret 2024. Steven saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut. Seperti Gubenur Sulut Olly Dondokambey, Steven ialah kader PDI-P. 

"Dia (Steven Kandouw) sudah dua periode mendampingi saya. Masih muda, energik dan pintar. Dia tentu kelihatan lebih energik karena sepuluh tahun lebih muda dari saya," kata Olly saat mempromosikan Steven di Minahasa, Sulut, Senin (8/7). 

Di lain kubu, Gerindra dan Koalisi Partai Indonesia Maju (KIM) berencana memasang Yulius Selvanus Komaling sebagai calon tunggal di Pilgub Sulut. Yulius baru saja diangkat sebagai Ketua DPD Gerindra Sulut. 

Kandidat lain yang potensial muncul ialah Bupati Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut. Digadang-gadang bakal berpasangan dengan Jan Marinka, Elly didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Presiden Jokowi.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait