Politik

Anies di antara intervensi Istana dan "jebakan" PDI-P

Pencalonan Anies di Pilgub Jabar disebut elite PDI-P dijegal pihak Istana.

Sabtu, 31 Agustus 2024 12:11

Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) batal mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar). Di menit-menit akhir pendaftaran, PDI-P memunculkan nama Jeje Wirtadinata dan Ronald Surapradja sebagai pasangan kandidat untuk Pilgub Jabar. 

Tanpa merinci, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan pencalonan Anies batal karena ada pihak yang menjegal. Ia membantah ada persoalan antara Anies dan PDI-P. 

"Ada kekuasaan yang sampai konstitusi pun mau dilanggar. Sampai kemudian digalang dan diciptakan benteng-benteng kekuasaan untuk mengepung PDI-Perjuangan, termasuk Pak Anies," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Jumat (30/8) dini hari.

Anies sebelumnya digadang-gadang bakal diusung PDI-P di Pilgub DKI Jakarta. Namun, PDI-P justru mengusung pasangan kader mereka sendiri di DKI, yakni Pramono Anung dan Rano Karno. 

Belakangan, Anies diisukan dipasang PDI-P untuk Pilgub Jabar bersama Ketua DPD PDI-P Jabar, Ono Surono. Tim Anies sempat dikabarkan sudah berada di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/8) lalu, untuk mengurus dokumen pencalonan Anies. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait