Politik

Tiga poros di Pilgub Jateng 2024: Siapa paling kuat?

Andika-Hendi resmi dideklarasikan PDI-P sebagai pasangan kandidat di Pilgub Jateng 2024.

Senin, 26 Agustus 2024 19:13

PDI-Perjuangan resmi mencalonkan pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi alias Hendi di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024. Pasangan Andika-Hendi diumumkan bersama 60 pasang calon kepala daerah dari PDI-P lainnya oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto. 

"Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," ujar Hasto seperti dikutip dari kanal Youtube resmi PDI-P, Senin (26/8). 

Pasangan Andika-Hendi bakal berhadapan dengan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen. Lutfhi-Taj Yasin sudah mengantongi rekomendasi dari mayoritas parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM), semisal Gerindra, Golkar, Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Berbasis putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60/PUU-XXII/2024, analis politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Wali Songo, Semarang, Kholid Adid menyebut tak tertutup kemungkinan muncul pasangan kandidat baru di Pilgub Jateng. 

"Jumlah pemilih di Jateng mencapai 28 juta jiwa. Persyararan partai mengajukan cagub hanya 6,5% dari jumlah perolehan suara DPT yang sah dalam pileg yang lalu (2024). Berarti dalam Pilgub Jateng nanti akan banyak partai yang bisa mengajukan calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lain," ucap Kholid kepada Alinea.id di Jakarta, belum lama. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait