Politik

Biang kerok pecah kongsi koalisi Prabowo di Banten

Gerindra ngotot mengusung Andra Soni di Banten meskipun elektabilitasnya rendah.

Selasa, 09 Juli 2024 12:21

Partai Gerindra akhirnya resmi mengusung Ketua DPRD Banten Andra Soni sebagai calon Gubernur Banten di Pilgub Banten 2024. Gerindra mengawinkan Andra dengan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Dimyati Kusuma. 

Selain Gerindra dan PKS, pasangan itu juga diusung NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Koalisi ketujuh parpol tersebut dinamai Koalisi Banten Maju. 

"Insyaallah, partai-partai lain nanti menyusul," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan usai menyerahkan surat dukungan untuk pasangan Andra-Dimyati di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, awal Juli lalu. 

Dengan terbentuknya pasangan itu, maka Koalisi Indonesia Maju (KIM) di tingkat Pilgub Banten gagal terbentuk. Pasalnya, Golkar telah menugaskan eks Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany untuk maju sebagai kandidat Gubernur Banten. Baliho Airin sebagai cagub sudah terpasang di seantero Banten. 

KIM ialah pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di Pilpres 2024. KIM beranggotakan Gerindra, Golkar, PAN, NasDem, PSI dan sejumlah parpol nonparlemen. Sebelumnya, elite-elite KIM gembar-gembor bakal menurunkan koalisi di tingkat nasional ke pentas pilkada. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait