Politik

Cak Imin belum dongkrak suara Amin di Jatim, mengapa?

Salah satu alasan Anies menyetujui Cak Imin menjadi cawapresnya karena butuh yang dapat meningkatkan dukungan di Jatim dan Jateng.

Selasa, 28 November 2023 22:55

Sejak dideklarasikan sebagai pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden (wapres), 2 September 2023, elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau Amin di Jawa Timur (Jatim) belum menggembirakan. Ini tampak dalam berbagai hasil survei sejumlah lembaga.

Penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 20-22 September, misalnya, pasangan Amin hanya meraih 12%. Adapun para pesaingnya meraih dukungan lebih tinggi, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD 45% dan Prabowo Subianto-Erick Thohir 28%, dan yang tidak menjawa 14%. Kala itu, Ganjar dan Prabowo belum mengumumkan nama cawapres masing-masing.

Riset tersebut melibatkan 140 responden, yang merupakan warga Jatim. Mereka dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) dan diwawancara melalui sambungan telepon. Hanya sekitar 80% dari total populasi di Jatim yang memiliki telepon.

Hasil tidak jauh berbeda terekam dalam survei Indikator Politik Indonesia periode 16-20 Oktober. Dukungan kepada Anies-Cak Imin hanya 15,4% dari total responden asal Jatim. Sementara itu, elektabilitas tertinggi Ganjar-Mahfud dengan 43,1% dan disusul Prabowo-Gibran 36,4%.

Indikator melaksanakan riset tersebut dengan melibat 2.567 orang di 34 provinsi se-Indonesia. Sebanyak 14,2% atau 364 orang di antaranya adalah penduduk Jatim. Responden, yang ditentukan secara simple random sampling, diwawancara langsung.

Immanuel Christian Reporter
Afrizal Kurnia Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait