Politik

Dari Ahmad Luthfi hingga Kaesang: Siapa mampu mengubur PDI-P di kandang banteng?

Jateng akan jadi medan tempur antara PDI-P dan kongsi Jokowi-Prabowo.

Rabu, 03 Juli 2024 06:08

Nama Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Ahmad Luthfi terus menguat di bursa kandidat Pilgub Jateng 2024. Eks Kapolres Solo itu tercatat masuk di bursa kandidat sejumlah parpol, semisal Golkar, Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Luthfi sendiri menyatakan siap mundur dari jabatannya jika resmi diusung parpol

Gerindra, parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) lainnya, juga tertarik meminang Luthfi. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan ada dua nama yang dipertimbangkan partainya. Selain Ahmad Luthfi, nama Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono juga dibahas di internal parpol. 

"Dua-duanya (Luthfi dan Sudaryono) sedang kita pelajari," kata Muzani kepada wartawan di Istana Merdeka, Jumat (28/6) lalu. 

Di lain kubu, PDI-Perjuangan juga telah menyiapkan sejumlah nama untuk diusung jadi kandidat di Pilgub Jateng. Dua nama terkuat ialah eks Panglima TNI Andika Perkasa dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP)  Hendrar Prihadi alias Hendi. 

"Pak Andika misalnya selain di Jakarta, itu juga ada yang mengusulkan di Jawa Tengah ya. Ada Pak Hendi juga ya," kata Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto saat meninjau persiapan puncak peringatan bulan Bung Karno di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6)

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait