Politik

Dikepung koalisi gemuk, bagaimana nasib Airin di Pilgub Banten?

Tujuh parpol mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah

Jumat, 12 Juli 2024 11:54

Diinisiasi Gerindra, koalisi parpol gemuk terbentuk jelang Pilgub Banten 2024. Koalisi bernama resmi Koalisi Banten Maju (KBM) itu sudah sepakat mengusung Ketua DPRD Banten Andra Soni dan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Achmad Dimyati Natakusumah sebagai pasangan cagub dan cawagub. 

Selain Gerindra dan PKS, KBM beranggotakan ialah NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hanya tinggal Golkar, Demokrat, dan PDI-Perjuangan yang belum masuk koalisi mana pun.

Ketua DPD NasDem Wahidin Halim sesumbar pasangan Andra-Dimyati bakal menang mudah di Pilgub Banten. Ia mengklaim pasangan itu punya basis massa di seantero Banten. Namun, ia mengingatkan agar parpol-parpol di koalisi bergerak cepat. 

"Kalau sudah deklarasi dan kompak, enggak ada yang bisa ngalahkan," ujar mantan Gubernur Banten itu di sela-sela penyerahan surat dukungan untuk pasangan Andra-Dimyati di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, awal Juli lalu. 

Pasangan Andra-Dimyati disiapkan untuk menghadapi Airin Rachmi Diany yang telah resmi mengantongi surat tugas untuk maju di Pilgub Banten dari Golkar. Meskipun hasil survei sejumlah lembaga menunjukkan elektabilitasnya tertinggi, Airin hingga kini belum punya pendamping. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait