Politik

Ekonomi biru ala Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud: Siapa unggul?

Merealisasikan ekonomi biru menjadi salah satu misi utama pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud jika memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 14 November 2023 14:03

Merealisasikan ekonomi biru sama-sama menjadi salah satu misi utama pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD jika memenangi Pilpres 2024. Keduanya berniat menggenjot pendapatan domestik bruto (PDB) nasional dari sektor kelautan yang selama ini belum maksimal. 

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo mengatakan hilirisasi maritim bakal jadi fokus utama Prabowo-Gibran dalam membangun ekonomi biru. Dalam hal ini, Prabowo-Gibran bakal berupaya memastikan semua komoditas yang dihasilkan dari laut memiliki nilai tambah sebelum dijual di pasar domestik atau diekspor. 

"Di dalam 17 program, kami secara spesifik menyebut hilirisasi maritim. Hal ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah sektor maritim secara signifikan dan sekaligus menaikkan kesejahteraan nelayan dan penduduk pesisir. Orang sering terlupa dengan hilirisasi di sektor kelautan ini," kata Dradjad kepada Alinea.id, Senin (13/11) malam. 

Dalam dokumen visi-misi bertajuk "Prabowo-Gibran 2024: Bersama Indonesia Maju", Prabowo-Gibran memaparkan 8 misi utama. Salah satunya ialah memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

Secara khusus, ekonomi biru bakal digarap melalui sejumlah upaya, semisal hilirisasi, peningkatan produksi, penguatan tata kelola logistik dan pelabuhan, mendorong riset kelautan, penyederhanaan periziinan, serta meningkatkan akses keuangan di sektor kelautan dan maritim. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait