Politik

Gibran, sekadar penyambung lidah Jokowi?

Gibran tak dimintai pendapat soal penyusunan kabinet. Namun, Prabowo mempertimbangkan usul Jokowi.

Senin, 21 Oktober 2024 14:12

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka terlihat pasif dalam dalam pembekalan calon menteri dan wakil menteri yang digelar Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selama dua hari ikut pembekalan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu hanya jadi peserta biasa. 

"Mas Gibran tidak menyampaikan pernyataan, tapi ikut mengikuti tadi," kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya kepada wartawan usai menghadiri pembekalan para calon wakil menteri di Hambalang, Kamis (17/10).

Gibran juga hadir dalam pembekalan para calon menteri Kabinet Merah Putih di lokasi yang sama sehari sebelumnya. Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, para calon menteri hanya mendengarkan pidato dari Prabowo. 

Seperti pada sesi calon wakil menteri, Gibran juga tak memberikan sambutan kepada para calon pembantu Prabowo. "Pak Prabowo menekankan pentingnya kerja sama dan penyelenggaraan negara yang bebas dari korupsi," kata Muti. 

Meskipun tak diberikan panggung pada pembekalan calon menteri dan wakil menteri, Direktur Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul berpendapat bukan berarti Gibran bakal tanpa peran di pemerintahan Prabowo ke depan. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait