Politik

Pengamat: Golkar untung banyak jika usung Ridwan Kamil jadi cawapres

Efek elektoral dipandanga akan lebih terasa jika Golkar mengusung Ridwan Kamil sebagai cawapres.

Kamis, 19 Januari 2023 06:28

Pengamat poliitik Pangi Syarwi Chaniago menilai Partai Golkar akan lebih memiliki dampak elektoral jika Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2024.

Pangi berpandangan, dampaknya akan seberapa besar memang belum dapat dilihat saat ini. Karena baru Rabu (18/1) kemarin Ridwan Kamil resmi diumumkan sebagai kader Partai Golkar. Namun, dia berpandangan, pemilu serentak nantinya akan menjadikan masyarakat memilih seseorang dengan melihat apa partainya.

"Coat-tail effect (efel ekor jas) akan terjadi kepada Partai Golkar. Terlebih bagaimana orang memahami bahwa Ridwan Kamil adalah Golkar dan Golkar adalah Ridwan Kamil," ujar Pangi kepada Alinea.id, Rabu (18/1).

Menurutnya, Partai Golkar memang tak jauh berbeda dengan Partai NasDem yang menginginkan akuisisi terhadap sosok yang sudah menjadi tokoh di suatu daerah, dalam hal ini Ridwan Kamil di Jabar. Pemetaan oleh partai berlambang pohon beringin itu pun diperkirakan dapat segera dilakukan.

"Kalau benar nanti Ridwan Kamil diusung sebagai cawapres, maka Golkar sudah punya strategi atau desain bagaimana kemudian dampak elektoralnya kepada Golkar," ucapnya.

Ayu mumpuni Reporter
Ayu mumpuni Editor

Tag Terkait

Berita Terkait