Politik

Ini 20 politisi muda terpegah dan tervokal tahun 2022

Giring Ganesha, Ketua Umum DPP PSI menjadi politisi muda terpegah dan tervokal dari unsur pengurus partai politik.

Jumat, 13 Januari 2023 16:09

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan intelijen media, merilis figur terpegah (top person) dan tervokal (Influencer) 2022 di media online. Hasilnya,  Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai Tokoh Terpegah dan Tokoh Tervokal 2022.  

Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang menjelaskan, kategori politisi muda dalam Indonesia Recap 2022 ini, adalah politisi yang berusia di bawah 40 tahun. Umumnya politisi muda terpegah dan tervokal berasal dari mereka yang menjadi kepala daerah, dengan berbagai isu utama pemberitaan seputar kebijakan daerah terutama dalam penanganan pandemi Covid-19 dan dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM.

"Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta memuncaki daftar teratas baik dari ekspos pemberitaan maupun jumlah pernyataan yang dikutip media. Popularitas Gibran diikuti oleh Muhammad Bobby Afif Nasution, Walikota Medan," ujar Rusitika dalam paparan rilis, Jumat (13/1).

Rustika mengatakan, selain yang berkaitan dengan kebijakan daerah, Gibran dan Bobby juga ikut terdongkrak karena kerap dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo serta pernikahan Kaesang-Erina beberapa waktu lalu.

Giring Ganesha, Ketua Umum DPP PSI menjadi politisi muda terpegah dan tervokal dari unsur pengurus partai politik, diikuti Muhammad Kholid, Juru Bicara PKS yang masuk dalam daftar politisi muda tervokal.

Marselinus Gual Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait