Politik

Kabinet Zaken untuk Prabowo-Gibran sebatas impian belaka

Apalagi, Prabowo sudah mengatakan bahwa akan merangkul lawan kekuasannya. Alhasil, tidak heran bila nantinya jadi koalisi gemuk.

Selasa, 30 April 2024 15:40

Cita-cita untuk mengisi kabinet dengan para ahli ataupun profesional (Kabinet Zaken) banyak muncul bagi pemerintahan Prabowo-Gibran. Akankah terealisasi? 

Spekulasi nama banyak bermunculan, tapi rasanya hampir tidak mungkin, meski program dari pasangan tersebut banyak membutuhkan analisa kebijakan publik yang harus didominasi oleh para ahli. Jangan lupa, bahwa para ahli di sini tidak boleh masuk dalam kabinet dengan jalur politik karena tidak ayal berbeda dengan politikus lainnya.

“Kemungkinan besar kabinetnya akan diisi oleh kalangan parpol (partai politik),” kata Pakar Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin kepada Alinea.id, Selasa (30/4).

Ujang menilai, penyebabnya karena koalisi dari awal pemenangan sudah gemuk. Berbagai kepentingan diasup oleh mereka.

Komposisinya pun diprediksi masih akan didominasi oleh politikus dengan persentase 55%. Sementara, bila ada kalangan profesional yang masuk, alasannya paing jelas karena sudah berjasa untuk memenangkan pasangan nomor urut 02 itu.

Immanuel Christian Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait