Politik

Kans Bahlil dan skenario sandiwara perebutan kursi Ketum Golkar

Bahlil diklaim sudah mengantongi dukungan dari 34 DPD untuk jadi Ketum Golkar.

Jumat, 16 Agustus 2024 12:14

Perebutan kursi Ketua Umum Partai Golkar mulai memanas. Setidaknya sudah ada tiga kandidat yang potensial menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketum, yakni Waketum Golkar Bambang Soesatyo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmitan. 

Tak tertutup kemungkinan muncul kandidat lain di menit-menit akhir pendaftaran calon. Apalagi, sempat beredar kampanye media sosial yang isinya mendesain agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) diangkat jadi Ketum Golkar. 

Namun demikian, Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengklaim saat ini baru ada tiga kader yang hampir pasti maju sebagai kandidat Munas Golkar 2024 yang digelar akhir Agustus mendatang. 

"Nanti saya akan ada pembicaraan dengan Pak Agus Gumiwang dan Pak Bahlil karena dari awal kita sepakat tiga ini sama-sama maju," kata Bamsoet kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8).

Kursi ketum kosong setelah Airlangga mengundurkan diri, pekan lalu. Airlangga disebut-sebut dipaksa mundur oleh pihak eksternal Golkar. Saat ini, Airlangga terbelit kasus dugaan korupsi dan pemberian fasilitas ekspor CPO dan kelangkaan minyak.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait