Politik

Kans Sandiaga di gelanggang Pilgub Jabar

Sandiaga harus bergerak cepat jika serius bertarung di Pilgub Jabar.

Sabtu, 06 Juli 2024 12:15

Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno muncul dalam bursa calon Gubernur Jawa Barat (Jabar). Sandiaga diusulkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai salah satu kandidat yang potensial diusung di Pilgub Jabar 2024. 

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid berharap Sandiaga mau dipinang PKB. Ia mengklaim banyak kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga ingin Sandiaga terjun ke gelanggang pilkada. 

"Mudah mudahan Pak Sandi mau. Nanti dengan siapa wakilnya, kita cari (dari) partai-partai yang ada," ujar Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (4/7) lalu.

Sandiaga bergabung dengan PPP pada Juni 2023 setelah hengkang dari Gerindra. Sebelumnya, Sandi menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Di PPP, Sandi sempat memegang jabatan sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu). 

Berbasis hasil Pileg 2024, PKB mengoleksi 13 kursi di DPRD Jabar. Untuk mengusung calon gubernur, parpol atau koalisi parpol harus memiliki toal 15 kursi di DPRD. Untuk mengusung Sandiaga, PKB bisa berkoalisi dengan PPP yang mengantongi 6 kursi di DPRD Jabar. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait