Politik

Kebakaran kilang minyak Balikpapan, DPR: Karena tidak ada perawatan

DPR meminta pengelola bertanggung jawab atas peristiwa kebakaran kilang minyak.

Senin, 07 Maret 2022 08:46

Anggota Komisi VII DPR RI, Nasyirul Falah Amru,  menyesalkan kembali terjadinya kebakaran kilang minyak PT Pertamina (Persero). Kebakaran terakhir terjadi di kilang minyak area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (4/3).

Pria yang akrab disapa Gus Falah itu berpandangan, kebakaran ini bukan lagi terkait teknologi yang digunakan pada kilang-kilang minyak karena dia percaya Pertamina sudah memperhitungkan segala risiko saat pembuatan. Menurutnya, perawatanlah yang seharusnya ditekankan agar tidak terjadinya kebakaran.

“Termasuk perawatan atas teknologi untuk mencegah terjadinya kebakaran. Nah ini yang saya lihat masih kurang,” ujar Gus Falah dalam keterangan resminya yang dikutip Senin (7/3).

Perawatan tersebut, lanjutnya, harus berkala dan harus diawasi. Jika tidak, maka kebakaran seperti yang sudah terjadi akan selalu terjadi.

“Terlebih lagi saat ini harga minyak sedang meroket, sedangkan kita belum bisa memenuhi lifting minyak kita. Akibat kebakaran itu tentu negara mengalami kerugian yang tidak sedikit, bisa mencapai triliunan rupiah,” tutur politikus PDI Perjuangan ini.

Ayu mumpuni Reporter
Ayu mumpuni Editor

Tag Terkait

Berita Terkait