Politik

Kenapa Trump murka saat Biden mundur dari arena Pilpres AS?

Joe Biden mundur dari pencalonan saat bandul simpati publik tengah mengayun ke arah Trump.

Selasa, 23 Juli 2024 12:11

Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden resmi mengundurkan dari dari kandidasi Pilpres AS 2024. Biden mengumumkan kemundurannya lewat sebuah surat resmi dan unggahan di  media sosial X. 

Biden berdalih ingin fokus menuntaskan pekerjaan-pekerjaannya seabagai presiden di sisa masa jabatannya. Ia juga mengumumkan bakal mendukung penuh Wakil Presiden AS Kamala Harris sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat. 

"Hari ini saya ingin menawarkan dukungan penuh dan endorsement untuk Kamala sebagai kandidat dari partai kita. Kaum Demokrat--saatnya bersatu dan mengalahkan Trump," tulis Biden di akun X terverifikasi, JoeBiden, Minggu (21/7). 

Biden saat ini terdeteksi mengidap Covid-19 dan dirawat di Delaware, AS. Sejumlah pakar menganggap Biden tak layak jadi kandidat presiden setelah penampilannya yang buruk di debat perdana Pilpres AS pada akhir Juni lalu. Ketika itu, Biden kerap terlihat seperti orang linglung saat menjawab pertanyaan. 

Diwawancara CNN hanya beberapa saat setelah mengetahui kabar mengenai mundurnya Biden, capres dari Partai Republik Donald Trump marah-marah. Ia menyebut sejak awal Biden memang tak pantas jadi kandidat presiden AS. 

Christian D Simbolon Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait