Politik

Pernyataan-pernyataan emosional Prabowo di debat perdana Pilpres 2024

Beberapa pernyataan Prabowo dalam debat capres perdana memantik perhatian. Utamanya menyangkut isu-isu sensitif yang berkaitan dengannya.

Rabu, 13 Desember 2023 19:44

Ketiga calon presiden (capres) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah menjalani debat perdana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2024, Jakarta, pada Selasa (12/12) semalam. Seluruhnya memaparkan gagasan hingga melontarkan pertanyaan dan pernyataan yang acapkali menyinggung kompetitornya.

Dalam kegiatan berdurasi sekitar 120 menit itu, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, beberapa kali "diserang" pesaingnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Prabowo pun berupaya "mengungguli lawan-lawannya dengan melakukan "serangan balik (counter attack)".

Setidaknya, berdasarkan amatan Alinea.id, ada beberapa pernyataan menarik perhatian yang dilontarkan Prabowo dalam debat tersebut, baik saat menanggapi pesaingnya maupun memberikan jawaban. Berikut ulasannya.

1. Penguatan demokrasi

Mulanya, Anies diberikan kesempatan oleh moderator untuk memberikan tanggapannya atas pertanyaan panelis tentang penguatan demokrasi di saat kepercayaan publik terhadap partai politik (parpol) rendah, padahal parpol menjadi salah satu pilar penting demokrasi. Menurut Anies, persoalannya bukan hanya parpol, melainkan rakyat sudah tidak percaya dengan proses demokrasi.

Immanuel Christian Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait