Politik

Manuver koalisi Prabowo "mengunci" Jawa 

Partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju potensial berkoalisi di pilgub-pilgub strategis di Jawa.

Jumat, 07 Juni 2024 16:56

Gerindra kembali bermanuver di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Setelah sempat memviralkan pasangan Budi Djiwandono-Kaesang Pangarep untuk Pilgub DKI, partai besutan Prabowo Subianto itu kini mendadak merekomendasikan politikus Golkar Ridwan Kamil (RK) untuk maju di pilgub yang sama. 

Ketua harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim rekomendasi untuk RK sudah disepakati di rapat internal Gerindra. Dasco berharap Golkar juga mendorong eks Gubernur Jawa Barat itu bertarung di ibu kota. 

"Pasti akan sama, yaitu bahwa RK akan direkomendasi maju di DKI Jakarta,” ujar Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6) lalu. 

Sejak beberapa bulan lalu, RK sudah mengantongi dua surat tugas dari Golkar. Ia diberi kebebasan untuk memilih Pilgub Jabar dan Pilgub DKI Jakarta. Namun, hingga kini RK belum memutuskan gelanggang politiknya yang baru. 

Jika RK akhirnya nyalon di Pilgub DKI Jakarta, maka Gerindra potensial menguasai Pilgub Jabar. Saat ini, kader Gerindra Dedi Mulyadi tengah wara-wiri keliling Jabar untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait