Politik

Membaca peluang menang kotak kosong di Pilkada Serentak 2024

KPU mencatat ada 37 daerah yang bakal melakoni pilkada lawan kotak kosong.

Selasa, 17 September 2024 14:44

Jumlah calon tunggal terus berkurang di Pilkada Serentak 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengatakan saat ini hanya tersisa 38 calon tunggal di pilkada, yakni 1 pasangan calon tunggal di level provinsi dan 37 pasangan calon tunggal di level kabupaten dan kota. 

"Sementara ini, setelah pendaftaran, perpanjangan, dan penerimaan berkas kembali yang kita lakukan, calon tunggal ada di satu provinsi dan 37 kabupaten/kota," ujar Afif kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/9). 

Akhir Agustus lalu, KPU mengungkap sebanyak 43 daerah potensial menggelar pilkada dengan calon tunggal. KPU pun memperpanjang masa pendaftaran calon kepala daerah untuk memberi kesempatan munculnya kandidat baru di daerah-daerah yang hanya punya satu calon tunggal tersebut. 

Afif mengatakan jumlah calon tunggal masih mungkin berubah. Penambahan bakal pasangan calon diprediksi akan terjadi di Manokwari, Lampung Timur, Lahat, Tapanuli Tengah, dan Dharmasraya. "Kita pastikan nanti di tanggal 22 September pas penetapan (pasangan calon)," kata dia. 

Jika tak punya lawan, calon tunggal akan berhadapan dengan kotak kosong di Pilkada Serentak 2024. Seandainya calon tunggal kalah, maka pilkada akan diulang setahun setelahnya, yakni pada 2025. Untuk sementara, jabatan kepala daerah bakal diemban pelaksana tugas. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait