Politik

Mengapa Prabowo jadi musuh bersama Anies-Ganjar pada debat capres?

Anies cenderung lebih agresif, sedangkan Ganjar hanya memanfaatkan beberapa kesempatan untuk menyerang Prabowo.

Kamis, 14 Desember 2023 14:42

Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, terlihat intensif menyerang pesaingnya yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam debat kandidat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (12/12). "Peluru" pertama dilontarkan saat pemaparan visi misi.

Kesempatan itu, secara tersirat, digunakannya untuk menyinggung majunya Gibran (36) selaku milenial. Apalagi, kesempatan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini terbuka melalui Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023, yang sarat kontroversi bahkan berujung pencopotan Anwar Usman sebagai Ketua MK lantaran melanggar etik berat.

"Hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden, tetapi ada ribuan milenial-generasi Z, yang peduli pada anak-anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan. Ketika mereka mengungkapkan pendapat, ketika mereka mengkritik pemerintah, justru mereka sering dihadapi dengan kekerasan, dihadapi dengan denturan dan bahkan gas air mata. Apakah kondisi ini akan dibiarkan? Tidak! Kita harus lakukan perubahan," tutur Anies.

Masih dalam sesi yang sama, serangan kembali dilancarkan Anies. Ia kali ini menyinggung tentang relawan Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang tewas dalam tragedi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Harun Al Rasyid (15), yang belum mendapatkan keadilan hingga kini.

Pada Pemilu 2024, orang tua Harun menjadi simpatisan Anies. Ia bahkan hadir dan duduk di baris depan para pendukung kala debat kandidat.

Immanuel Christian Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait