Politik

Menghitung suara pendukung Anies di Pilgub Jakarta

Suara pendukung Anies Baswedan dinilai sangat berpengaruh terhadap kemenangan calon gubernur DKI Jakarta nanti.

Selasa, 24 September 2024 06:04

Baru-baru ini, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan hasil survei untuk mengukur efek dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap elektabilitas tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Pilgub Jakarta, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

LSI membagi responden ke dalam tiga kelompok secara acak, dengan jumlah sampel masing-masing 400 responden. Sampel survei sebanyak 1.200 orang.

Hasilnya, dalam kelompok kontrol yang diberikan pertanyaan soal siapa yang akan dipilih di antara pasangan cagub-cawagub—tanpa melibatkan Anies Baswedan, maka 51,7% mendukung Ridwan Kamil-Suswono, 29,0% Pramono Anung-Rano Karno, dan 3,8% Dharma Pongrekung-Kun Wardana.

Lalu, kelompok treatment 1, jika Anies Baswedan mendukung Pramono Anung-Rano Karno, maka 40,5% mendukung Ridwan Kamil-Suswono, 31,5% mendukung Pramono Anung-Rano Karno, dan 2,5% mendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Dan, kelompok treatment 2, jika Anies Baswedan mendukung Ridwan Kamil-Suswono, maka 53,7% mendukung Ridwan Kamil-Suswono, 26,1% menduung Pramono Anung-Rano Karno, dan 3,3% mendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Menurut Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rifan, persentase itu tidak mengejutkan. Bahkan, sesuai perkiraannya. Sebab, dia menilai, Ridwan Kamil memiliki kesamaan yang hampir mendekati sosok Anies di mata anak abah—sebutan nyinyir untuk pendukung Anies Baswedan.

Immanuel Christian Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait