Politik

Menilai ide gila Ridwan Kamil membangun Jakarta

Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, mengaku punya 70 gagasan untuk mengatasi segala macam problem di Jakarta.

Senin, 02 September 2024 06:14

Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil punya rencana ambisius. Salah satunya, membangun infrastruktur raksasa untuk menahan banjir atau giant sea wall di Jakarta Utara. Dia bilang, proyek itu bakal membuat Jakarta Utara serupa Dubai.

Mantan Gubernur Jawa Barat yang berpasangan dengan politikus PKS Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta itu pun mengaku punya 70 lebih gagasan untuk menyelesaikan masalah macet, polusi, banjir, dan sebagainya, jika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Untuk mengatasi kemacetan, dia berjanji bakal memperbanyak rumah murah di tengah kota, dengan membangun apartemen. Nantinya, apartemen itu dibangun di atas pasar, stasiun, bahkan di jalan dengan konsep bangunan “mengangkang”.

Bukan ide baru

Pendiri dan Direktur Rujak Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja menilai, tidak ada yang baru dalam ide calon gubernur yang diusung 12 partai politik itu. Sebab, apartemen di atas pasar atau dekat stasiun sudah ada di Jakarta. Misalnya di Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Ada pula pengelola apartemen yang bekerja sama dengan PT. KAI dan Perumnas.

Immanuel Christian Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait